Home » Visi & Misi

Visi & Misi

Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Menjadi Fakultas Unggul di tnasioingkat Internasional dalam Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Berkualitas, Inovatif, Berkarakter Religius, Pada Tahun 2035

Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, untuk menghasilkan tenaga pendidikan yang berkualitas dalam mengembangkan SDM yang handal, inovatif dan berwawasan luas dalam bidang pendidikan.
  2. Membina, melatih dan mengembangkan keterampilan produktif mahasiswa yang siap pakai dalam memenuhi kebutuhah masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kajian pendidikan yang terintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  4. Mengembangkan kerjasama secara sinergi dengan instansi terkait dan stakeholder dalam pembinaan tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan kebutuhan Ilmu pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.

Tujuan

  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam rangka menghasilkan tenaga pendidikan yang berkualitas dalam mengembangkan SDM yang handal, inovatif dan berwawasan luas dalam bidang pendidikan.
  2. Terlaksananya kegiatan pembinaan dan pengembangkan keterampilan produktif mahasiswa yang siap pakai dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Terselenggaranya kegiatan pembinaan yang terintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
  4. Berkembangnya kerjasama nasional dan internasional secara sinergi dengan instansi terkait dan stakeholder dalam pembinaan tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan kebutuhan ilmu pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.

Sasaran Pencapaian

  1. Lulusan yang bermutu, berkualitas, dan kompeten baik, dilihat dari rata-rata indeks prestasi (>3.25)
  2. Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan Pendidikan dengan dengan indikator lama studi yang pendek (3.5- 4 tahun), maupun lama waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan.
  3. Terpenuhinya ketersediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standar pelayanan minimal baik kualitas maupun rasio kecukupannya.
  4. Terpenuhinya kebutuhan Guru dan Tenaga Kependidikan baik Di Sekolah, Dinas Pendidikan, serta Tenaga Profesional sesuai kebutuhan stakeholders lainnya baik jumlah, kualifikasi, maupun kompetensinya.
  5. Meningkatkan hasil dan karya-karya penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa yang inovatif, bermutu dan kompetitif baik Regional, Nasional, Intenasional dan Terpublikasikan melalui jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi dan bereputasi.
  6. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam upaya-upaya pemecahan masalah pendidikan dan profesi melalui berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  7. Meningkatkan jumlah dan mutu jaringan komunikasi dan kerjasama kelembagaan dengan pemerintah, dinas, dan instansi, sekolah, lembaga kemasyarakatan dan kerjasama internasional untuk pengembangan kualitas akademik dan profesi.
  8. Tersedianya perangkat regulasi dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen baik akademik, finansial, kepegawaian, maupun sarana dan prasarana.
  9. Tersedianya pangkalan data dalam rangka membangun sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Strategi Pencapaian

  1. Komitmen dan Integritas dalam merumuskan kebijakan dasar akademik baik pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengembangan profesi dan pengabdian pada masyarakat.
  2. Menyelenggarakan upaya peningkatan mutu akademik berkelanjutan (akselerasi kurikulum, pedoman fakultas, panduan-panduan penelitian, pembimbingan, penulisan skripsi, program pengalaman lapangan, penasehat akademik, monitoring dan evaluasi, danstandard operating procedure (SOP) berbasis outcome based education (OBE)
  3. Menyelenggarakan sistem pendokumentasian administrasi akademik dan kemahasiswaan secara lengkap
  4. Sinergitas dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi berdasarkan sistem penjaminan mutu akademik.
  5. Meningkatkan kapasitas sumber daya baik sumber daya manusia, sarana dan prasarana, manajemen, maupun dukungan finansial yang relevan sesuai kebutuhan.
  6. Mengembangkan kapasitas,  peran  dan  fungsi  dan  kerjasama  dan  sinergitas dengan lembaga penelitian, lembaga pengabdian pada masyarakat, lembaga pembinaan  dan  pengembangan  pendidikan,  dan  lembaga  penjaminan  mutu.
  7. Mengembangkan kerjasama kelembagaan secara regional, nasional dan internasional dengan instansi pemerintah, dinas pendidikan, perguruan tinggi dan sekolah-sekolah mitra dalam rangka meningkatkan kapasitas institusi, sumber daya manusia, mutu lulusan, dan relevansi program pendidikan.
  8. Memanfaatkan peluang-peluang kerjsama beasiswa baik pemerintah daerah, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian lain dan Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri untuk peningkatan kualifikasi dan keahlian,kepakaran bidang keilmuan dosen.
  9. Meningkatkan fungsi pengawasan melalui optimalisasi kegiatan monitoring dan evaluasi dalam rangka meningkatkan kinerja baik dosen, pegawai maupun program studi dan institusi.
  10. Mengembangkan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Visi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Menghasilkan pendidik yang unggul di bidang Pendidikan Dasar, Berkarakter Religius, berbasis iptek dan Kearifan Lokal, Pada Tahun 2035

Misi Program Studi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bidang pendidikan dasar Berkarakter Religius, berbasis Iptek dan kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian yang luarannya menghasilkan nilai kebaruan dalam bidang Pendidikan Dasar, Berkarakter Religius, Berbasis Iptek dan Kearifan
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara multidisiplin ilmu, Berkarakter Religius Berbasis Iptek dan Kearifan Lokal;
  4. Mengembangkan jaringan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan PkM di tingkat lokal, nasional maupun

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan, Berkarakter Religius, Berbasis Iptek dan Kearifan Lokal.
  2. Menghasilkan penelitian yang luarannya memiliki nilai kebaruan dalam bidang Iptek dan Kearifan Lokal di masyarakat, Berkarakter Religius.
  3. Menghasilkan Pengabdian kepada Masyrakat (PkM) secara multidisiplin ilmu Berkarakter Religius berbasis Iptek dan Kearifan Lokal;
  4. Menghasilkan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di tingkat lokal, nasional maupun

Sasaran Pencapaian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

  1. Peningkatan kualitas lulusan yang mampu Mengoperasikan/ Memanfaatkan Iptek dalam  Pendidikan, serta Berkarakter Religius.
  2. Peningkatan hasil Penelitian  dan luarannya memiliki nilai kebaruan dalam bidang Iptek dan Kearifan lokal  di Masyarakat, serta Berkarakter Religius.
  3. Peningkatan hasil Pengabdian kepada Masyrakat (PkM) secara multidisiplin ilmu Berkarakter Religius, Berbasis Iptek dan Kearifan Lokal.
  4. Peningkatan jumlah kerja sama dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional.

Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

  1. Mengembangkan  kurikulum  sesuai KKNI Berbasis OBE.
  2. Menyelenggarakan  Pembelajaran Berbasis Digital dan Kearifan Lokal, serta Berkarakter Religius.
  3. Mengintegrasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat Dosen PGSD ke dalam proses pembelajaran
  4. Mendorong Dosen PGSD untuk mengikuti kegiatan penelitian eksternal dan internal sesuai visi prodi PGSD.
  5. Memfasilitasi dosen PGSD sesuai visi Prodi PGSD melalui kegiatan seminar/ workshop/
  6. Mendorong Dosen PGSD melaksanakan publikasi ilmiah pada jurnal terakreditasi tingkat nasional
  7. Mendorong Dosen PGSD untuk mengikuti kegiatan Pengabdian kepada Masyrakat (PkM) eksternal dan internal sesuai visi prodi
  8. Memfasilitasi dosen PGSD sesuai visi Prodi PGSD melalui kegiatan seminar/ workshop/
  9. Mendorong Dosen PGSD melaksanakan publikasi ilmiah pada jurnal Terakreditasi Tingkat Nasional
  10. Memperbanyak kerja sama di tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional.
  11. Mengimplementasikan, mengevaluasi  dan menindaklanjuti  bentuk kerja sama yang disepakati  sesuai dengan visi prodi PGSD.

Visi Program Studi Pendidikan IPA

Menghasilkan Lulusan yang Unggul di Bidang Pendidikan IPA berbasis Agropreneur dan Iptek yang Berkarakter Religious Pada Tahun 2035.

Misi Program Studi Pendidikan IPA

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran untuk menghasilkan sarjana Pendidikan IPA Berbasis Agropreneur dan IPTEK yang Berkarakter Religius
  2. Melaksanakan penelitian yang Inovatif dan Kreatif Berbasis Agropreneur dan Iptek dalam Bidang Pendidikan IPA
  3. Menyelenggarakan kemitraan dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan IPA yang berdaya Saing, Unggul, dan Inovatif yang Berkontribusi pada pemberdayaan Masyarakat.

Sasaran Pencapaian Program Studi Pendidikan IPA

  1. Penguatan kualitas Lulusan untuk meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja dengan memanfaatkan Iptek, Agropreneur, serta Berkarakter Religius.
  2. Penguatan kualitas Pendidikan IPA melalui Kinerja penyelenggaraan Pendidikan, Kinerja Penyelenggaraan Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat;

Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan IPA

  1. Mengembangkan  kurikulum  sesuai KKNI Berbasis OBE
  2. Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Iptek, Agropreneur serta Berkarakter Religius.
  3. Mengintegrasikan hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dosen Pendidikan IPA ke dalam proses Pembelajaran.
  4. Mendorong Dosen Pendidikan Pendidikan IPA
  5. Memfasilitasi dosen Pendidikan IPA sesuai visi misi Prodi Pendidikan IPA melalui Kegiatan Seminar/ Workshop/ Diklat
  6. Mendorong Dosen Pendidikan IPA melaksanakan Publikasi Ilmiah pada Jurnal Terakreditasi Tingkat Nasional maupun Internasional.
  7. Mendorong Dosen Pendidikan IPA untuk mengikuti kegiatan Pengabdian kepada Masyrakat (PkM) eksternal dan internal sesuai visi misi prodi Pendidikan IPA
  8. Meningkatkan kegiatan kerja sama di Bidang Keilmuan, Teknologi, dan Kesenian dengan Perguruan Tinggi lain, Instansi, Dunia Usaha dan Industri, serta Masyarakat.

Visi Program Studi Pendidikan Matematika

Menghasilkan lulusan Unggul Profesional dan Adaftif di bidang Pendidikan Matematika Berbasis Iptek dan Enterpreneur yang  Berkarakter Religius, Pada Tahun 2035

Misi Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bidang pendidikan matematika , berbasis Iptek dan Enterpreneur dan berkarakter religious.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian yang luarannya menghasilkan nilai kebaruan dalam bidang Pendidikan Matematika, berbasis Iptek dan Enterpreneur yang berkarakter Religius,
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara multidisiplin ilmu, berbasis Iptek dan Enterpreneur berkarakter Religius
  4. Mengembangkan jaringan kerja sama dalam bidang pendidikan matematika, pelaksanaan penelitian dan PkM di tingkat lokal, regional nasional dan internasional.

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan matematika, berbasis Iptek dan Enterpreneur dan berkarakter Religius
  2. Menghasilkan penelitian yang luarannya memiliki nilai kebaruan dalam bidang Iptek dan Entrepneur di masyarakat dan berkarakter Religius.
  3. Menghasilkan kegiatan dan produk pengabdian kepada Masyrakat (PkM) secara multidisiplin ilmu berbasis Iptek dan Enterpreneur berkarakter Religius
  4. Menghasilkan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di tingkat lokal, regional nasional dan internasional.

Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Peningkatan kualitas lulusan yang mampu mengembangkan, mengoperasikan dan memanfaatkan Ipteks dan Entrepreneur dalam pendidikan, yang berkarakter Religius
  2. Peningkatan hasil penelitian dan luarannya memiliki nilai kebaruan dalam bidang Ipteks dan Entrepreneur dimasyarakat yang berkarakter Religius.
  3. Peningkatan hasil kegiatan dan produk pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara multidisiplin Berbasis Iptek dan Enterpreneur yang berkarakter Religius,
  4. Peningkatan jumlah Kerjasama dalam bidang pendidikan matematika, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di tingkat lokal, regional nasional dan internasional.

Visi Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR)

Menghasilkan Lulusan yang Unggul di bidang Ilmu Keolahragaan yang berdaya saing dan Berkarakter Religius Pada Tahun 2035

Misi Program Sutid Ilmu Keolahragaan (IKOR)

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan berkualitas diintegrasikan dengan keilmuan keolahragaan modern dengan nilai-nilai Religius.
  2. Menyelenggarakan dan Mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan terkini dalam dunia keolahragaan, sehingga mencakup aspek teori dan aplikasi praktis.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian di berbagai bidang ilmu keolahragaan guna menghasilkan kontribusi signifikan bagi kemajuan ilmu dan olahraga secara global.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan Pengabdian    kepada Masyarakat (PkM) secara multidisiplin ilmu dan Berkarakter Religius serta Berbasis Iptek
  5. Mengembangkan kerja sama strategis dengan industri dan institusi terkait guna memberikan pengalaman praktis yang relevan bagi mahasiswa dan memfasilitasi kesempatan kerja yang baik.
  6. Membimbing mahasiswa untuk mengembangkan Kepemimpinan, etika kerja yang kuat, serta sikap proaktif dalam memecahkan tantangan di dunia Keolahragaan