RAPAT KERJA (RAKER) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN T.A 2021 / 2022

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Gorontalo Senin 18 Oktober 2021 telah melaksanakan rapat kerja dengan tema ”Membangun Kemitraan, Mengoptimalkan Layanan Catur Darma Berbasis Akreditasi yang bertempat di lantai 2 Gedung LP2M Haryono Suyono. Pelaksanaan Rapat Kerja diharapkan agar dapat mencapai tujuan tertentu diantaranya menghasilkan program kerja yang inovatif berbasis akreditasi, Sebagai acuan untuk saling berkoordinasi antar dosen, staff administrasi dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik maupun non akademik. Selain itu, pelaksanaan raker juga dimaksudkan untuk mengevaluasi layanan di Fakultas itu sendiri baik layanan akademik,Tri Darma Perguruan Tinggi, tata kelola keuangan,pengembangan kemahasiswaan maupun sarana dan prasarana.

Peserta dalam kegiatan Raker tersebut adalah seluruh Dosen, Staff Administrasi dan Perwakilan Mahasiswa yang ada dilingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.kegiatan dilaksanakan selama 1 hari yang dimulai dari jam 09.00 sampai selesai.dalam kegiatan tersebut hadir juga Rektor UMGo Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong beserta Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa , Dr. Salahudin Pakaya, S.Ag, MH sebagai Wakil Rektor II yang juga memberikan sambutan serta membuka kegiatan Raker. Selain itu Rektor, Wakil Rektor II dan Dekan FKIP Dr. H. Abd. Hamid Isa memberikan materi. Adapun materi materi yang disampaikan yaitu Arah dan kebijakan umum pengembangan tata kelola UMGO (Rektor), mekanisme dan pengelolaan anggaran berbasis Akreditasi (Wakil Rektor II) serta pokok pokok fikiran program kerja (Dekan). Senin (18/10/2021).

Kegiatan Raker yang dilaksanakan  untuk Tahun Akademik 2021 hingga 2022 nanti. Walaupun dalam pelaksanaanya akan nada program kerja yang jadi prioritas dalam jangka pendek berlaku mulai september hingga januari nanti sesuai dengan ketentuan pengguanaan anggaran yang bersumber dari Universitas.

 

Penulis Wirna Tangahu

PELATIHAN PENGUATAN KAPASITAS PENGELOLAH SEKOLAH PESISIR – KKD UMGO

Kampus Pencerahan – Sebagai bentuk tindak lanjut dari pembentukan Pendidikan Non Formal sekolah pesisir Desa Patoameme Mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah Universitas Muhammadiyah Gorontalo (KKD UMGO) melakukan Pelatihan Penguatan Kapasitas Pengelola Sekolah Pesisir.

Kegiatan pelatihan berlangsung di aula kantor Desa patoameme yang dihadiri langsung oleh pengelola atau calon pengurus sekolah pesisir yang berasal dari aparat desa setempat, rema muda dan osis SMA 1 Botumoito. Kamis (14/10/2021).

Dr. Yurni Rahman, M.Pd yang menjadi narasumber pada pelatihan tersebut mengahiri pelatihan dengan memberikan evaluasi kepada pengelola atau calon pengurus sekolah pesisir terkait apa yang akan dilakukan ketika pembelajaran akan dilangsungkan Guna untuk mengukur indikator pencapaian pelatihan

Pelatihan penguatan kapasitas pengelola sekolah pesisir diarahkan agar pengelola atau calon pengurus Meningkatkan kemampuan Untuk menjadi tutor yang handal sehingga mampu mengkontribusikan dalam bentuk sikap dan perilaku Sebagai Tutor yang profesional.

Wulandari ney selaku koordinator desa mengatakan ” Output dari pelatihan ini diharapkan agar pengelola atau calon pengurus mampu menganalisis dan merancang kebutuhan pembelajaran memahami prinsip dasar, model dan metode pembelajaran serta memahami dimensi -dimensi efektifitas sebagai tutor yang disesuaikan dengan tuntutan situasi.

 

SEMINAR KAJIAN ILMIAH KEOLAHRAGAAN

Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan (IKOR), dengan gelar S.Or ialah salah satu prodi yang berada di bawah naunagan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan. Program studi Ilmu keolahragaan menyelengarakan Kajian Ilmiah Keolahragaan oleh para dosen dengan tema “Peran Aktivitas Fisik Dalam Menjujung Kesehatan Dimasa Yang Akan Datang”  Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Gorontalo pada Hari Jumat 08 Oktober 2021. 

Kegiatan Kajian Ilmiah ini dilakukan setiap 1 bulan sekali, Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Rektor dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, S.Ag, M.Si  didampingi oleh Dekan FKIP Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan seluruh dosen FKIP, kajian ilmiah ilmu keolahragaan bertujuan untuk menunjang kemampuan dosen dalam mengapliaksikan temuan dalam penelitian yang dilakukan. Kajian Ilmiah Keolahragaan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo, terkhusus mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Bagi dosen, kajian ilmiah tersebut memberikan beberapa manfaat, antara lain menambah penguasaan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dalam meneliti dan mempresentasikan hasil temuan. Sedangkan bagi Fakultas dan Prodi dengan Kajian Ilmiah Keolahragaan bisa mendukung dan menghasilkan dosen-dosen profesional yang dapat meningkatkan efektivitas sumber daya di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

 

 

Penulis Giofandi Samin

Pengumuman

Berita