FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

 

PENDAHULUAN

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan merupakan fakultas ke enam di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM Gorontalo). Universitas Muhammadiyah Gorontalo adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah, yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Dikti Nomor : 98/D/O/2008 tanggal 11 Juni 2008. Sejak keluarnya hasil evaluasi penerimaan proposal program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melalui lama Silemkerma pada tanggal 4 April 2016 yang menyatakan bahwa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) direkomendasikan oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi. Pada bulan Mei 2016 melalui rapat Senat Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Nelson Pomalingo, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo Periode 2012-2016 disepakati lahirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menaungi kajian ilmu bidang pendidikan salah satunya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Surat izin operasional Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Gorontalo dengan Nomor: 440/KPT/I/2016. Setelah terbentuknya program studi kemudian melahirkan fakultas yang baru yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang telah berdiri sejak tanggal 1 November 2016, merupakan salahsatu Fakultas di Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang menjadi wadah untuk membentuk mahasiswa yang berkualitas, mandiri dan berkarakter sehingga dapat melahirkan tenaga pendidik yang mencerahkah baik bagi negara maupun umat.

Perubahan kepemimpinan terjadi di Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilakukan mendekati akhir masa kepemimpinan Rektor Prof. Dr. H. Nelson Pomalingo, M.Pd yang dilaksanakan sesuai mekanisme Pemilihan Rektor melalui Rapat Senat yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 tepatnya tanggal 13 September 2016 telah terpilih Dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S sebagai Rektor Baru Universitas Muhammadiyah Gorontalo Periode 2016-2020. Disaat kepemimpinan beliaulah dilantik Bapak Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tanggal 31 Desember 2017.