Visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pada tahun 2025 menjadi FKIP Unggul di tingkat Nasional dalam menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang Berkualitas, Inovatif, Berdaya saing berbasis Riset, Mandiri dan Berkarakter
Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam rangka menghasilkan tenaga pendidikan yang berkualitas dalam mengembangkan SDM yang handal, inovatif dan berwawasan luas dalam bidang pendidikan.
2. Membina, melatih dan mengembangkan keterampilan produktif mahasiswa yang siap pakai dalam memenuhi kebutuhah masyarakat.
3. Menyelenggarakan kajian pendidikan yang terintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
4. Mengembangkan kerjasama secara sinergi dengan instansi terkait dan stakeholder dalam pembinaan tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan kebutuhan Ilmu pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.
Tujuan
1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam rangka menghasilkan tenaga pendidikan yang berkualitas dalam mengembangkan SDM yang handal, inovatif dan berwawasan luas dalam bidang pendidikan.
2. Terlaksananya kegiatan pembinaan dan pengembangkan keterampilan produktif mahasiswa yang siap pakai dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
3. Terselenggaranya kegiatan pembinaan yang terintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
4. Berkembangnya kerjasama secara sinergi dengan instansi terkait dan stakeholder dalam pembinaan tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan kebutuhan ilmu pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.
Sasaran Pencapaian
1. Lulusan yang bermutu, berkualitas, dan kompeten baik dilihat dari rata-rata indeks prestasi (>3.25)
2. Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dengan dengan indikator lama studi yang pendek (4 tahun), maupun lama waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan.
3. Terpenuhinya ketersediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standar pelayanan minimal baik kualitas maupun rasio kecukupannya.
4. Terpenuhinya kebutuhan guru dan tenaga kependidikan baik di sekolah, dinas pendidikan, dan kebutuhan stakeholders lainnya baik jumlah, kualifikasi, maupun kompetensinya/
5. Meningkatkan hasil dan karya-karya penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa yang inovatif, bermutu dan kompetitif baik regional, dan nasional dan terpublikasikan melalui jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasi
6. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam upaya-upaya pemecahan masalah pendidikan melalui berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat.
7. Meningkatkan jumlah dan mutu jaringan komunikasi dan kerjasama kelembagaan dengan pemerintah, dinas, dan instansi, sekolah, dan lembaga kemasyarakatan lainnya.
8.Tersedianya perangkat regulasi dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajem baik manajemen akademik, finansial, kepegawaian, maupun sarana dan prasarana.
9. Tersedianya pangkalan data dalam rangka membangun sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Strategi Pencapaian
1. Komitmen dan Integritas dalam merumuskan kebijakan dasar akademik baik pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
2. Menyelenggarakan upaya peningkatan mutu akademik berkelanjutan (pedoman fakultas, panduan-panduan penelitian, pembimbingan, penulisan skripsi, program pengalaman lapangan, penasehat akademik, monitoring dan evaluasi, dan standard operating procedure (SOP).
3. Menyelenggarakan sistem pendokumentasian administrasi akademik dan kemahasiswaan secara lengkap
4. Sinergitas dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi berdasarkan sistem penjaminan mutu akademik.
5. Meningkatkan kapasitas sumber daya baik sumber daya manusia, sarana dan prasarana, manajemen, maupun dukungan finansial.
6. Mengembangkan kapasitas, peran dan fungsi dan kerjasama dan sinergitas dengan lembaga penelitian, lembaga pengabdian pada masyarakat, lembaga pembinaan dan pengembangan pendidikan, dan lembaga penjaminan mutu.
7. Mengembangkan kerjasama kelembagaan dengan instansi pemerintah, dinas pendidikan, dan sekolah-sekolah mitra dalam rangka meningkatkan kapasitas institusi, mutu lulusan, dan relevansi program pendidik.
8. Memanfaatkan peluang-peluang kerjsama beasiswa baik pemerintah daerah, direktorat jenderal pendidikan tinggi, kementerian lain dan perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri untuk peningkatan kualitasfikasi dan keahlian bidang keilmuan dosen.
9. Meningkatkan fungsi pengawasan yaitu montiroing dan evaluasi dalam rangka meningkatkan kinerja baik dosen, pegawai maupun program studi.
10. Mengembangkan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Visi PRODI PGSD FKIP UMGo
Pada tahun 2025 menjadi program studi PGSD yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan Pendidik yang Berkualitas, Peneliti dan Konsultan di bidang pendidikan dasar berbasis Riset, Mandiri dan berkarakter.
Misi Program Studi Program Studi PGSD FKIP UMGo
1. Menyelengarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam rangka menghasilkan tenaga pendidikan sekolah dasar yang berkualitas dalam mengembangkan SDM yang handal, inovatif dan berwawasan luas dalam bidang pendidikan dasar.
2. Membina, melatih dan mengembangkan keterampilan produktif mahasiswa pendidikan dasar yang siap dipakai dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
3. Menyelenggarakan kajian pendidikan dasar yang terintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
4. Mengembangkan kerjasama secara sinergi dengan instansi terkait dan stekholder dalam pembinaan tenagan kependidikan dasar sesuai dengan tuntutan kebutuhan ilmu pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.
Tujuan Program Studi
1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam rangka menghasilkan tenaga pendidikan sekolah dasar yang berkualitas dalam mengembangkan SDM yang handal, inovatif dan berwawasan luas dalam bidang pendidikan dasar.
2. Terlaksananya kegiatan pembinaan dan mengembangkan keterampilan produktif mahasiswa pendidikan dasar yang siap dipakai dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
3. Terselenggaranya kajian pendidikan dasar yang terintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
4. Berkembangnya kerjasama secara sinergi dengan instansi terkait dan stekholder dalam pembinaan tenagan kependidikan dasar sesuai dengan tuntutan kebutuhan ilmu pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.
Sasaran Program Studi
1. Penguatan Kelembagaan yang meliputi peningkatan kualitas mutu dosen dan mahasiswa, melaksanan penjaminan mutu yang berstandar nasional serta pengembangan keilmuan yang berbasis pada AIK dan Karakter
2. Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Penelitian Dosen dan Mahasiswa
3. Peningkatan Kualitas dan kuantitas pengabdian pada masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa.
4. Meningkatnya jumlah publikasi ilmiah baik di skala Nasional dan Internasional.
5. Peningkatan kualitas lulusan dan peningkatan literasi ICT dalam pembelajaran.
6. Pemantapan sarana dan prasarana yang mendukung kualitas pembelajaran