Rektor UMGO saat memaparkan materi pada Kegiatan Penguatan Kapasitas Dosen Pembimbing KTI, di lingkup FKIP

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Penelitian menjadi unsur penting dalam penyusunan skripsi. Berkualitas atau tidaknya sebuah skripsi, salah satunya dipengaruhi oleh penelitian yang dilakukan. Bagaimana metode penelitian itu dilakukan, menjadi kunci dari hasil penelitian yang dilakukan.

Para dosen pembimbing skripsi bagi mahasiswa harus faham dan mendalami metode penelitian sebagai modal untuk membimbing dan mengarahkan mahasiswanya yang dibimbingnya. Sehingga, skripsi yang dihasilkan oleh mahasiswa bimbingannya berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Karena itu, para dosen pembimbing skripsi perlu mendapatkan penguatan tentang metode penelitian agar bekal membimbing skripsi nanti lebih baik. Sehingga mahasiswa bisa menghasilkan skripsi sebagai salah satu karya ilmiah yang berkualitas.

Hal itulah yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Kamis (22/9/2022). Para dosen yang menjadi pembimbing skripsi tahun akademik 2022/2023 diberi pemantapan mengenai metode penelitian.

Kegiatan yang bernama Penguatan Kapasitas Dosen Pembimbing Karya Ilmiah Mahasiswa ini, dilaksanakan di Ruang Rapat Rektorat Lantai 3 UMGO dan turut dihadiri oleh Rektor UMGO, Dekan FKIP, serta seluruh Dosen Pembimbing Skripsi di lingkup FKIP.

“Kegiatan ini dalam rangka kegiatan akademik untuk peningkatkan kapasitas dosen pembimbing skripsi. Atas nama pimpinan fakultas terimakasih kepada bapak Rektor telah berkenan menjadi pemateri guna menyampaikan hal-hal yang perlu kita ketahui dalam meningkatkan kualitas bimbingan karya ilmiah kepada mahasiswa kita,” jelas, Dekan FKIP, Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd., saat memberikan sambutan.

Lanjutnya, materi ini sangat penting dan urgent contohnya untuk prodi PGSD yang sudah menerapkan program pemerintah yakni Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), khusus mahasiswa yang semester 7 kegiatan yang sebelumnya bernama magang atau Pengenalan Lapangan Persekolah II (PLP II)
saat ini sudah terintegrasi dengan program MBKM dengan total 18 SKS termasuk Skripsi .

“Sehingga bapak-ibu dosen harus mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk mengarahkan mahasiswa dalam menulis sehingga kualitas skripsi yang dihasilkan mahasiswa semakin meningkat dan berkualitas,” tandasnya.

Untuk yang menjadi Narasumber dalam penguatan itu adalah Prof. Abd. Kadim Masaong, M.Pd., selaku Rektor UMGO yang memiliki disiplin ilmu pendidikan.

“Kali ini kita diskusi tentang pembimbingan, hal ini sangatlah penting karena selama saya menjadi pembimbing di prodi PGSD dan menjadi penguji di Keperawatan juga di Fakultas Ilmu Sosial, sebagai kesimpulan dari pengalaman-pengalaman itu bahwa dosen perlu untuk melakukan penguatan,” ucapnya.

Terakhir, Rektor mengucapakan selamat buat FKIP sebagai penginisiasi pertama dalam mengadakan kegiatan penguatan kapasitas dosen pembimbing skripsi ini, karena sebelumnya ia memerintahkan kepada semua fakultas untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Ada satu hal yang harus dipahami dosen pembimbing, bagus tidaknya Karya Tulis Ilmiah mahasiswa itu tergantung pembimbingnya karena pembimbing itu mengarahkan, menuntun dan kalau bagus skripsinya akan memberikan kepuasan sendiri juga bagi pembimbing maka kita tidak boleh mengganggap remeh pembimbingan ini,”tutupnya.