Home » Berita » Bahas Pendidik Profesional di Era Society 5.0, PGSD UMGO Gelar Seminar International

Bahas Pendidik Profesional di Era Society 5.0, PGSD UMGO Gelar Seminar International

FKIP UMGO– International Seminar merupakan salah satu rangkaian acara dari Milad  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) ke 7 tahun. Seminar international ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UMGO. Kegiatan ini bertajuk “Transforming Education for building Students’ Character Quality in the Era of Society 5.0”, pada Selasa (24/10/2023) yang dilakukan secara online dan offline. (MataKita.co)

Seminar ini bertujuan untuk memfasilitasi para dosen ataupun mahasiswa dalam menghadapi era society 5.0, dimana satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk “Merdeka Belajar.

Adapun yang menjadi Speakers dalam kegiatan ini diantaranya , Prof. Dr. Phil. Ikfan Haris, M.Sc., Ph.d.,Education and Culture Attache, KBRI Dili, Prof. Emeritus Dr. James T. Collins, Northern Illinois University, Moch Muhajir, Head of educational and Culture PC. IM. Commite of Malaysia, Friny Napasti, S.Pd., M.Pd., Principal of Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Prof. Ts. Dr. Mahizer Bin Hamzah, Sultan Idris Education University Malaysia, Prof. Dr. Moon Hidayati Otoluwa, M.Hum., English Professor at State University of Gorontalo, Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd.,  Lecturer of state University of Gorontalo (UNG).

Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong saat membuka kegiatan tersebut melalui via zoom mengatakan atas nama civitas akademika mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada para narasumber, Dekan dan  civitas akademika FKIP telah menyelenggarakan seminar internasional dalam rangka milad FKIP.

“Tentu seminar ini akan menambah wawasan kita semua, menambah pengetahuan dan skill FKIP dalam menyosong milad ke 7 UMGO sekaligus milad ke 15 UMGO. Saya menyampaikan dalam forum terhormat ini bahwa milad 15 UMGO mendapatkan kado yang luar biasa, mulai dari berbagai macam pembangunan yang telah dilakukan, memperoleh akreditasi Baik Sekali dan yang baru keluar adalah izin pembukaan prodi Kedokteran yang telah kita nanti-nantikan bersama,”ungkapnya.

Lanjut Kadim, kegiatan Seminar ini merupakan bagian dari implementasi Kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMGO dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia dan Sekolah Kebangsaan Indonesia Kuala Lumpur.

“Selaku pimpinan Universitas, saya menyambut baik penyelenggaraan Seminar Internasional ini karena disamping sebagai wadah diskusi ilmiah terkait keilmuan yang dibina oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, kegiatan ini pula menjadi bagian internasionalisasi pengembangan kapasitas akademik yang diperlukan untuk mendukung keunggulan yang terus ditingkatkan,” ucapnya.

Rektor Kadim juga akan terus melaksanakan kegiatan akademik yang bersifat internasional seperti ini, karena dengan demikian kita akan terus mengembangkan diri sesuai profesi seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk dimanisfestasikan bagi pembinaan kualitas karakter peserta didik yang  bermanfaat dan produktif.

“Saya berharap agar hasil Seminar Internasional ini ditindak lanjuti dalam bentuk publikasi ilmiah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi sebagai Upaya mendukung visi UMGO “Membangun CITRA Unggul Berkemajuan”,” Tutupnya.

Turut hadir, Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong, Wakil Rektor I UMGO, Prof. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara  Tilome, Dekan FKIP, Dr. Hamid Isa, Kaprodi-kaprodi, para Dosen, narasumber serta mahasiswa.

 

 

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *